Tags

Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Bagaimanakah supaya kita bisa menjadi lebih percaya diri? 
Banyak klien yang datang kepada saya menanyakan hal ini, terutama klien-klien usia remaja dan dewasa muda. Kepercayaan diri tidak datang dari luar, melainkan dari dalam diri kita sendiri. Cara pandang kita terhadap hal-hal positif dan negatif dalam diri akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita. Kepercayaan diri tidak semata-mata ditentukan oleh banyak atau sedikitnya peristiwa-peristiwa positif yang terjadi dalam hidup atau keberhasilan yang terjadi dicapai, melainkan lebih ditentukan oleh bagaimana kita melihat hal-hal tersebut.

Apabila kamu merasa bahwa kamu tidak percaya diri, atau kurang meyakini hal-hal positif dalam diri kamu, berikut tips-tips untuk meningkatkan rasa percaya diri :

♧ Kenali dan buatlah daftar hal-hal positif yang kamu miliki.
Daftar positif itu dapat meliputi kondisi fisik, sosial, keterampilan, pengalaman, bakat, atau hal-hal lain yang membuat diri kamu merasa senang atau bangga memilikinya. Tambahkan juga dengan pendapat positif atau pujian yang orang berikan terhadapmu. Yakini bahwa itu adalah aset positif yang memang kamu miliki.

♧ Ingatkan diri kamu bahwa tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. 
Setiap orang memiliki sisi kelemahan atau kekurangan masing-masing, namun kelemahan tersebut tidak membuat kita menjadi sepenuhnya buruk karena kita juga memiliki kelebihan atau kekuatan. Selalu ingatkan diri kamu dengan hal-hal positif yang telah kamu daftar sebelumnya.

♧ Yakini bahwa kamu memiliki kemampuan mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam hidup. 
Ingat kembali peristiwa-peristiwa dimana kamu menghadapi permasalahan dan mampu melewati atau menyelesaikannya dengan baik. Buatlah daftar keberhasilan dalam menyelesaikan hambatan yang pernah muncul (termasuk dukungan dari luar yang kamu dapatkan), termasuk hal-hal sederhana.

♧ Perhatikan bahasa yang kita gunakan setiap kali kita berbicara atau berpikir
Orang yang tidak percaya diri biasanya lebih sering menggunakan kata-kata yang negatif tentang dirinya seperti "aku ga bisa sukses...", "aku ga punya kemampuan...". Selain itu juga sering menggunakan kata 'tidak pernah' dan 'selalu', misalnya "aku ga pernah bisa dibanggakan.", "aku selalu dinilai jelek.". Nah kata-kata yang seperti itu dapat meracuni pemikiran dan semakin menurunkan kepercayaan diri. Coba ditelaah lagi, apakah benar kamu tidak pernah dinilai bagus di bidang tertentu? apakah benar tidak ada satu hal pun dari diri kita yang tidak bisa dibanggakan? Konfrontasi kata-kata negatif tersebut dengan memikirkan fakta-fakta positif tentang diri kita.

♧ Perbanyak sumber informasi yang positif.
Salah satu perbedaan antara orang yang percaya diri dan tidak percaya diri adalah dalam hal menyeleksi informasi mengenai diri mereka dari lingkungan. Orang yang percaya diri cenderung lebih mendengarkan atau menerima informasi-informasi yang positif mengenai diri mereka dan mengabaikan serta tidak mempercayai informasi yang negatif. Kalaupun ada informasi negatif, pilihlah informasi yang membangun untuk menjadi masukan dan bukan yang hanya menjatuhkan kepercayaan diri kita.

♧ Berikan perhatian dan cinta kepada dirimu sendiri.
Luangkan waktu untuk dirimu sendiri agar dapat melakukan hal-hal yang kamu sukai dan membuatmu bahagia. Beranikan diri untuk bersikap asertif dengan berkata 'tidak' kepada orang lain dan menyampaikan kebutuhanmu kepada orang lain. Persiapkan diri untuk menerima respon yang tidak diharapkan dari orang lain dan melihatnya sebagai hal yang wajar terjadi apabila kita ingin mengusahakan kebutuhan kita terpenuhi. Tetap berusaha dengan cara yang positif dalam mencapainya.

♧ Ingat kembali masa dimana kamu mengalami peristiwa negatif yang membuatmu merasa sangat jatuh atau gagal, kemudian buatlah juga daftar hal-hal positif yang juga terjadi di masa tersebut serta hikmah yang didapatkan dari peristiwa negatif yang kamu alami. Yakinlah bahwa pasti ada hal-hal yang positif terjadi dibalik hal-hal negatif.

Cobalah selalu melakukan hal ini secara berkelanjutan sampai kepercayaan diri kita tumbuh. Semoga bermanfaat ☺.


image source :  http://www.stepbystep.com/wp-content/uploads/2012/04/Be-Confident.jpg

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo