Tags

Mengatasi Hipersensitivitas



Apakah anda termasuk orang yang hipersensitif? atau orang-orang di sekitar anda menilai anda sebagai orang yang oversensitif? Atau anda memiliki pasangan atau teman yang menurut anda hipersensitif? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Highly Sensitive Person (HSP) dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Orang yang hipersensitif mudah sekali terbawa atau terpengaruh oleh stimulus dari lingkungan. Orang tersebut akan mudah sekali stres dengan hal-hal yang ada di sekitarnya, termasuk suara yang terlalu keras/bising atau hiruk-pikuk dan butuh untuk berada pada situasi yang sepi dan tenang agar dapat merasa lebih baik. Selain itu, individu yang hipersensitif biasanya lebih mudah merasa terganggu, tersinggung, sedih, atau marah jika ada hal-hal di sekitarnya yang ia persepsikan negatif atau mempengaruhi perasaan atau moodnya.

Lalu bagaimana untuk mengurangi hipersensitivitas tersebut? Berikut tips-tipsnya :

❉ Tidur yang cukup
Tidur kurang dari 6-7 jam diketahui dapat menyebabkan orang menjadi mudah tersinggung, moody, dan kehilangan konsentrasi. 

❉ Mengkonsumsi makanan sehat secara teratur setiap hari
Kita dapat tetap menjaga mood tetap positif salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang cukup melalui makanan dan cemilan yang sehat dan seimbang. Omega-3 atau minyak ikan juga baik sebagai suplemen untuk menunjang perkembangan emosional.

❉ Tidak terlalu lama/sering berada di tempat atau situasi yang berisik atau hiruk-pikuk
Berusaha menyeimbangan dengan berada di situasi lain yang tenang dan relax.

❉ Memiliki satu ruangan yang tenang dan private di rumah
Jika anda tinggal dengan keluarga atau teman, maka ada baiknya ada satu ruangan dimana anda sewaktu-waktu bisa menghabiskan waktu sendiri dengan tenang tanpa terganggu oleh suara-suara atau orang lain, dapat juga dengan mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan.

❉ Membatasi konsumsi kopi
Kopi dapat membuat orang menjadi semakin hipersensitif, sehingga sebaiknya membatasi konsumsi kopi.

❉ Mengatur setting rumah/tempat kerja
Gunakan lampu-lampu atau hiasan rumah/tempat kerja yang dapat membuat suasana rumah menjadi lebih redup dan menenangkan.

❉ Berekreasi ke tempat-tempat yang membuat anda merasa rileks
Karena orang-orang yang hipersensitif mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan, maka mengunjungi tempat-tempat yang dapat membuat anda relaks juga akan membantu. Tempatnya sendiri disesuaikan dengan minat dan pilihan masing-masing.

Semoga bermanfaat☺


image source : http://s1.hubimg.com/u/7108608_f496.jpg

2 comments:

  1. Hello..makasih banyak infonya mba, saya Ria 25 tahun, beberapa waktu lalu sering dibilang temen2 saya saya orangnya sensitif, jadi ketemu ama istilah HSP di google. Dari mulai baca pengertian HSP sampe ikut tes online yang di internet. I want to know what happened to me what I am why they call me as sensitive person etc etc, semoga artikel ini bisa saya terapkan untuk treatment diri ^^
    Tapi mba saya orangnya raguan, untuk menjawab tes aja, saya mesti mikir ini benar ngga aku jawabnya, bener ngga aku kayak gini dll.. mohon bantuannya mba?:) thanks before

    ReplyDelete
  2. Bagaimana mengatasi HSP yang telah mengalami "burn out"?

    ReplyDelete

Blogger Template by Clairvo