Mengapa Seseorang Berselingkuh?



Perselingkuhan dapat terjadi dalam suatu hubungan. Bukan hanya laki-laki, tetapi perempuan pun dapat melakukannya. Kira-kira mengapa seseorang memutuskan untuk berselingkuh dengan orang lain? Ada banyak alasan mengapa seseorang berselingkuh,diantaranya adalah sebagai berikut :

Tidak merasakan kepuasan emosional 
Kepuasan emosional didapatkan seseorang jika ia merasa dekat secara emosional dengan pasangannya. Pasangan yang dekat secara emosional akan saling merasa dipahami secara utuh, diterima apa adanya, dan terpenuhi kebutuhannya akan perhatian atau intimacy sehingga ia tidak lagi membutuhkan orang lain untuk berbagi masalah atau mendapatkan kasih sayang. Konflik dan argumentasi yang sering terjadi dapat membuat pasangan menjadi berjarak secara emosional. Hubungan yang dingin dan kurang komunikatif juga dapat membuat pasangan menjadi kurang dekat secara emosional dan merasa asing dengan pasangannya sendiri. Selain itu juga dapat terjadi dalam hubungan yang dijalin bukan karena keinginan sendiri (dijodohkan) atau hubungan jarak jauh yang kurang terbangun dengan baik intimacynya.

Kebutuhan ego
Beberapa orang, terutama laki-laki, memiliki ego atau pride yang tinggi sehingga membutuhkan pasangan yang dapat selalu memuaskan kebutuhan egonya tersebut. Orang yang seperti ini memiliki kebutuhan untuk selalu dihargai, dihormati, diinginkan, dan diyakinkan bahwa ia dilihat baik atau menarik di mata orang lain, terutama lawan jenis. Jika pasangannya tidak peka atau mengabaikan kebutuhannya ini, maka ia akan mencari orang lain untuk dapat memvalidasi atau meyakinkan bahwa ia diinginkan, yaitu dengan cara berselingkuh. Ketika hubungan telah berlangsung cukup lama, terkadang kita lupa untuk tetap memberikan penghargaan atau pujian-pujian manis yang dapat membuat pasangan kita merasa diinginkan atau melihat dirinya sendiri dengan positif.

❖  Tidak merasakan kepuasan seksual
Jika kebutuhan seksual salah satu atau kedua belah pihak tidak terpenuhi dengan cukup atau komunikasi diantara keduanya mengenai hal tersebut tidak terbangun dengan terbuka, maka dapat memicu adanya perselingkuhan. Hal ini dapat disebabkan karena kesibukan dalam bekerja, terlalu sering terjadi konflik sehingga akhirnya berdampak pada aktivitas seksual, atau karena pihak lain tidak mengetahui bagaimana cara memuaskan pasangannya secara seksual. Selain itu, perselingkuhan dapat juga terjadi karena salah satu pihak menginginkan variasi seksual yang berbeda yang sulit atau tidak dapat dilakukan dengan pasangannya (misalnya karena pasangannya tidak menyukai variasi seks tersebut atau karena ia memiliki orientasi seks biseksual atau juga karena ia memiliki kebutuhan seksual yang terlalu tinggi/hiperseks).

❖ Keingintahuan dan Kebutuhan 'Berpetualang' yang Tinggi
Beberapa orang memiliki rasa ingin tahu atau jiwa petualang yang tinggi dalam hubungan cinta. Meskipun hubungannya dengan pasangan saat itu tidak mengalami permasalahan, namun ia mudah bosan dan selalu ingin merasakan sesuatu yang baru dan menantang. Perselingkuhan mungkin menjadi salah satu hal yang membuatnya dapat terus merasa bersemangat dalam hidup.

Demikian beberapa alasan mengapa seseorang berselingkuh. Semoga bermanfaat☺.


image source : http://www.djbobbytrends.com/blog/wp-content/uploads/2013/01/infidelity.jpg

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo