Tags

Grateful for Today ❤



Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidup. Salah satu cara yang paling murah, mudah, dan tepat adalah dengan bersyukur atas apa yang telah terjadi dalam hidup kita. Kita telah mengetahui apa dan bagaimana cara bersyukur, namun kita sering lupa untuk melakukannya.

Perasaan-perasaan negatif yang muncul karena berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidup seperti rasa sedih, marah, kesal, iri, cemburu, dendam, dan lain sebagainya sering menghambat kita untuk bersyukur dan mengingat hal-hal positif yang telah kita dapatkan. Tetapi bukan berarti kita tidak boleh merasakan perasaan-perasaan negatif tersebut. Kita berhak dan terkadang sulit untuk tidak merasakannya, namun kita tidak boleh membiarkan perasaan-perasaan negatif terus membuat kita terbelenggu dalam keadaan sakit hati, cemas, frustasi, atau depresi yang kemudian justru membuat kita sulit untuk mengembangkan diri dan menjalani hubungan sosial yang menyenangkan dengan orang lain. Ketika kita merasa berbagai beban hidup menantang kita untuk menjadi lebih kuat secara fisik, mental, emosional, dan spiritual maka bersyukur adalah salah satu hal yang dapat merubah penderitaan menjadi kebahagiaan.

Salah satu penyebab kita mengalami kesulitan untuk merasakan perasaan tenang dan damai dalam kehidupan adalah karena kita sering melewatkan hari-hari tanpa memaknainya secara positif. Terkadang kita terlalu menghabiskan energi, pikiran, dan perasaan untuk mencemaskan hal-hal yang terjadi di masa depan atau menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu. Kita dapat mulai untuk menghargai setiap pengalaman, baik yang menyenangkan maupun menyakitkan sebagai sebuah pembelajaran dalam hidup dan mencintai hidup sebagai sebuah anugerah yang memang tidak selalu berisi hal-hal yang mudah, tetapi juga cobaan yang terasa sangat menyulitkan. Semakin kita terlalu sering melihat apa yang masih kurang dan masih harus diperbaiki dalam hidup, maka hal itu akan semakin menghambat kita untuk melihat apa yang telah ada di depan mata.

Bersyukur bukan hanya dapat dirasakan oleh orang yang sukses secara materiil meskipun kesuksesan tersebut memang dapat meningkatkan rasa syukur. Peristiwa baik dapat menciptakan rasa syukur, namun sifatnya hanya sementara dan tidak menjamin dapat menciptakan rasa syukur yang berjangka panjang karena individu cenderung akan beradaptasi dengan suatu kesuksesan atau keberhasilan. Selain itu rasa senang yang ditimbulkan oleh suatu peristiwa baik cenderung akan cepat hilang seiring dengan waktu. Tetapi individu yang memang memiliki kepribadian yang penuh rasa syukur cenderung menunjukkan rasa bersyukur yang menetap dan tidak tergantung pada peristiwa yang baik. Dalam situasi burukpun, individu dengan ciri kepribadian penuh rasa syukur tetap dapat menemukan hal-hal yang dapat ia syukuri.

Hargailah hidup anda dengan hal-hal kecil seperti bersyukur atas tersedianya air dan cahaya, lengkapnya indera, ataupun makanan yang masih kita dapatkan untuk menutupi rasa lapar. Bersyukurlah atas tubuh kita yang masih sehat, orang tua kita yang masih hidup, atau sahabat yang selalu ada untuk kita. Pastinya masih banyak lagi hal-hal lain dalam hidup kita masing-masing yang dapat kita syukuri. Berikan waktu sesaat kepada diri anda sendiri untuk menarik napas dan mengevaluasi apa saja yang telah anda dapatkan hari ini sebanyak mungkin tanpa memikirkan kesalahan, kegagalan, nasib buruk, ataupun hal mengecewakan dan menyedihkan lainnya. Maka kebahagiaan itu dapat kita rasakan di setiap harinya.

Semoga bermanfaat ☺


 image source : http://www.juvenescence.net/blog/wp-content/uploads/2012/11/grateful-heart-6-7-2012.jpeg

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo