Tags

Apakah Psikologi?


Dari pengalaman saya selama ini, ternyata masih banyak masyarakat awam yang memiliki pemahaman keliru mengenai apa itu Psikologi. Untuk itu lah berikut akan dibahas secara singkat mengenai apakah psikologi itu.

Psikologi
adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau mental. Namun karena jiwa/mental sifatnya abstrak, maka psikologi membatasi pada manifestasi atau ekspresi dari jiwa/mental tersebut dalam bentuk tingkah laku. Sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia.

Apakah Psikologi merupakan Ilmu Pengetahuan?
Ya, karena psikologi bersifat objektif, memiliki metode pengetahuan yang ilmiah, sistematis, dan universal. Keraguan mengenai Psikologi merupakan ilmu pengetahuan dapat muncul karena Psikologi seringkali disamakan dengan ilmu pengetahuan semu yang memang tidak ilmiah seperti ramalan-ramalan yang melihat melalui garis tangan, struktur wajah, dan lain sebagainya. Selain itu Psikolog juga sering disamakan dengan Paranormal. Psikolog dan Paranormal memang sama-sama dapat memprediksi perilaku maupun menganalisis kepribadian manusia, namun keduanya menggunakan metode yang berbeda. Jika paranormal lebih bersifat mistis, maka Psikologi menggunakan proses yang empiris dengan berbagai instrumen seperti alat tes, wawancara, observasi, konseling dan didukung oleh teori yang telah teruji secara empiris.

Bagaimanakah Objektivitas dari Ilmu Psikologi?

Psikologi adalah ilmu yang objektif. Sebagai Ilmu yang meneliti manusia, psikologi memang tidak mungkin mencapai netralitas 100%. Meskipun secara umum individu dapat digeneralisasi sesuai teori yang ada, namun masih terdapat celah perbedaan dengan hasil teori sekitar 10 - 20%. Celah ini disebut sebagai error. Error tersebut menjelaskan adanya situasi individu atau lingkungan yang membuatnya menjadi tidak sepenuhnya sejalan dengan teori. Hal itu karena objek dari ilmu psikologi adalah manusia dimana terdapat konsep individual differences atau manusia itu unik. Justru netralitas 100% harus dihindarkan dalam psikologi karena pada kenyataannya tidak ada manusia yang benar-benar sama 100% satu dengan yang lain.

Apakah Psikolog sama dengan Psikiater?
Tidak. Meskipun psikolog dan psikiater adalah dua profesi yang sama-sama menggunakan pendekatan kejiwaan untuk menganalisis manusia, namun psikiatri adalah cabang ilmu kedokteran sementara psikologi adalah cabang ilmu sosial. Pendekatan yang digunakan oleh keduanya pun berbeda dimana psikiater lebih melihat fisik atau keadaan biologis sebagai dasar analisis, sementara psikolog melihat kondisi jiwa (tingkah laku) individu dikaitkan dengan lingkungan sosialnya sebagai dasar analisis. Intervensi yang digunakan oleh psikiater lebih menekankan pada intervensi secara kimiawi atau menggunakan obat-obatan, sementara psikolog menggunakan terapi, konseling, atau modifikasi perilaku. Pada kasus-kasus tertentu tidak dapat dipisahkan antara kondisi biologis dengan psikologis seseorang dalam menangani permasalahan individu sehingga dibutuhkan kerjasama diantara keduanya.
Semoga bermanfaat ☺



image source : http://www.lamission.edu/psychology/images/psych_banner.jpg

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo